Header Ads

Polres Tanjungpinang Manjakan Warganya Dengan Aplikasi Smart

Tanjungpinang, Gatra.com – Polres Tanjungpinang akan meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat melaporkan tentang suatu kejadian dan pihak kepolisian bisa menindaklanjutinya secara cepat.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro di kantornya, Selasa (12/12), menyampaikan, aplikasi yang akan diuji coba pada Januari 2018 mendatang itu bernama Smart Alarm System.

“Seorang petugas kepolisian bisa mampu datang ke TKP berdasarkan hasil foto. Jadi misalnya kita lewat satu jalan, di satu TKP siapapun yang sudah men-download, meng-install aplikasi tersebut mengirimkan foto kepada kami,” katanya.

Informasi kemudian diterima oleh pihak kepolisian sehingga petugas yang ada di dalam mobil atau motor yang sudah dilengkapi GPS bisa bergerak cepat menuju lokasi dan jarak yang sudah diketahui. “Menuju ke TKP tersebut kita bisa ukur kecepatannya,” ujar dia.

Kemudian, lanjut Ardiyanto, jika misalnya itu kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas), petugas akan melakukan penyelidikan. Polres Tanjungpinang akan proaktif menindaklanjuti seluruh laporan yang masuk dari masyarakat.

“Jika dulu kita bicara ada tombol panic button, kita sempurnakan lagi dengan algoritma seperti Grab atau Gojek. Jadi, saat polisi akan ke TKP, sudah tergambar berapa menit jarak yang akan ditempuh hingga sampai ke TKP tersebut,” ujarnya.

Ardiyanto menambahkan, dengan aplikasi ini nantinya semua akan terukur. “Yang kami buat itu terukur. Karena kami integrasikan dengan kendaraan patroli yang sudah terpasang GPS untuk mendatangi TKP tersebut,” katanya.

Aplikasi ini nantinya akan terus dikembangkan bukan hanya untuk pelaporkan lakalantas, tetapi untuk kejadian tindak pidana lainnya. “Rencana launching tahun depan. Nanti kami kembangkan lagi terkait penanganan prosesnya seperti apa, ini masih kami godok lebih lanjut,” ujarnya.

The post Polres Tanjungpinang Manjakan Warganya Dengan Aplikasi Smart appeared first on MEDIA MUSLIM ONLINE.



from MEDIA MUSLIM ONLINE http://ift.tt/2iXJGj8
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.